Sejarah Grafik Komputer
Sejarah Grafik Komputer dimulai sejak jaman dulu pada saat berkomunikasi . Seorang ahli pelukis Leornado da Vinci dari kebangsaan Italia sudah dapat menghasilkan lukisan objek 3D. Proyeksi ortografik yang digunakan dalam sistem grafika komputer saat ini, ditemukan oleh seorang ahlii matematika berkebangsaan Perancis, yang bernama Gaspard Monge pada tahun 1746-1868.
Perkembangan garfika komputer secara sederhana dapat dibagi menjadi empat fase, yaitu :
· FASE PERTAMA
Pada tahun 1950an merupakan era Grafika komputer Interaktif. Pada tahun 1950, MIT telah berhasil mengembangkan komputer Whirlwind dengan tabung sinar katode (Chatode Ray Tube (CRT)). Komputer ini mampu memaparkan grafis pasif yang digunakan untuk bidang pertahanan. Pada tahun 1950an, banyak orang menggunakan pena cahaya (light-pen), yaitu sebuah alat input yang berbentuk pensil yangg di gunakan untuk memilih posisi (seperti kursor), menunjuk suatu dan menggambarkan pada layer dengan pendeteksi cahaya yang datang dari titik-titik layer CRT. Pada tahun 1959 perusahaan General Motor meneliti Alat Pemograman Otomatis (Automatic Programming Tool).
· FASE KEDUA
Dalam dekade 1960an dapat dikatakan jaman penelitian atau riset grafika komputer interaktif. Grafika interaktif modern telahh berhaisl ditemukan oleh Ivan Sutherland dengan sistem penggambaran SKETCHPAD (Sutherland 1963).
· FASE KETIGA
Dimulai dalam dekade 1970an, pada saat ini, sektor industri, pemerintah dan ilmuann mulai sadar akan pentingnya grafika komputer interaktif untuk memperbaiki kualitas design secara cepat dan mudah.
· FASE KEEMPAT
Dalam dekade ini tahun 1980an merupakan masa grafika komputer berkembang pesat. Banyak yang berlomba untuk menemukan teori algoritma baru. Penelitian bertumpu pada penggabungan dan pengotomatisan berbagai unsur design dan pemodelan. Pada tahun 1990an, teknologi model Hybrid mulai diperkenalkan.
PERANAN DAN PENGGUNAAN GRAFIKA KOMPUTER
Grafika komputer digunakan diberbagai bidang,yaitu bidang seni, sains, bisnis, pendidikann dan hiburan. Sebagai contoh yang sering kita jumpai;
Antarmuka pengguna setiap komputer pribadi (seperti PC atau LAPTOP) menggunakan GUI. GUI yang digunakan semuanya menggunakan grafik komputer.
PENGERTIAN GRAFIK KOMPUTER
Grafik komputer adalah bagiann ilmu komputer yang berkaitan dengan pembuatan dan manipulasi gmbar(visual) secara digital. Bentuk sederhana dari garfik komputer adalah grafik komputer 2D yang kemudian berkembang menjadi grafik komputer 3D, pemrosesan citra (image processing), dan pengenalan pola (pattern recognition). Grafika komputer sering dikenal juga dengan istilah visualisasi data.
Pengolahan Citra adalah usaha untuk melakukan transformasi suatu citra atau gambar menjdi citra lain dengan suatu teknik tertentu dan juga merupakan cabang ilmu informatika. (sumber: http://id.m.wikipedia.org/wiki/Pengolahan_citra/wasRedirected=true)
BAGIAN DARI GRAFIK KOMPUTER
Bagian grafik komputer meliputi;
Ø Geometri
Geometri adalah ilmu yang mempelajari cara menggambarkan permukaan bidang. Catatan paling awal mengenai geometri dapat ditelusuri hingga ke zaman Mesir Kuno, peradaban Lembah Sungai Indus dan Babilonia. Peradaban-peradaban ini diketahui memiliki keahlian dalam drainase rawa,irigasi, pengendalian banjir dan pendiriann bangunan-bangunan besar. Kebanyakan geometri Mesir kuno dann Babilonia terbatas hanya pada perhitungan panjang segmen-segmen garis, luas, dan volume.
Ø Animasi
Animasi adalah ilmu yang mempelajari cara menggambarkan dan memanpulasi gerakan. Contoh yang umum kita lihat adalah film animasi. Pada awal penemuannya, film animasi dibuat berlembar-lembar kertas gambar yang kemudian di putar sehingga muncul efek gambar bergerak sesuai dengan yang telah di gambarkan. Dengan bantuan komputer dan grafika komputer saat ini pembuatan film animasi mejadi sangat mudahh dan cepat. Bahkan akhir-akhir ini lebih banyak bermunculan film animasi 3D daripada fil animasi 2D. Hal yang perlu di ketahui wayang kulit merupakan salah satu bentukk animasi tertua di dunia. Bahkan ketika teknologi elektronik dan komputer belum diketemukan, pertunjukan wayang kulit telah memenuhi semua elemen animasi seperti layar, gambar bergerak, dialog dan ilustrasi musik.
Pembuatan Animasi
Terdapat dua cara pembuatan film animasi, diantaranya secara konvensional dan digital. Proses konvensional sangat membutuhkan dana yang cukup mahal, sedangkan proses pembuatan digital cukup ringan. Sedangkan untuk perbaikan, proses digital lebih cepat dibandingkan dengan proses konvensional. Menurut TOM CARDON seorang animator yang membuat animasi HERCULES mengatakan bahwa komputer sangat berperan. “Perbaikan secara konvensional untuk 1 kali revisi memakan waktu 2 hari sedangkan secara digital hanya memakan waktu berkisar antara 30-40 menit.” Untuk mendubbing suara pada fil animasi biasanya di buat saat msih dalam proses, namun terkadang mendubbing suara film animasi dapat dilakukan setelahh filmnya selesai dibuat, seperti animasi Jepang.
Ø Rendering
Rendering adalah mempelajari algoritma untuk menampilkan efek cahaya. Renderingg juga digunakan untuk menggambarkan proses menghitung efek dalam video editing file untuk menghasilkan output video akhir.
Ø Citra (Imaging)
Ø Citra (Imaging)
Adalah mempelajari cara pengambilan dan penyutingan gambar.
Sumber :http://id.wikipedia.org/wiki/Grafika_komputer
Sumber : http://johan-team.blogspot.com/2010/03/grafik-komputer.html
TIPE-TIPE GRAFIK KOMPUTER
Dalam design grafis (graphic design) ada dua macam tipe grafik, yaitu grafik vektor dan grafik bitmap. Yang dimaksud grafik vektor adalah grafik yang berbasis besaran dan arah. Biasanya grafik vektor dapat berupa garis dan kurva. Sedangkan grafik bitmap adalah grafik yang memiliki banyak titik atau pixel dengan warna yang menarik.
Berikut adalah perrbandingan grafik vektor dan grafik bitmap : (Andi Pramono: 2009, 4)
Grafik Vektor | Grafik Bitmap |
Terdiri atas kurva dan garis berdasarkan rumus matematis | Terdiri atas kumpulan pixel dengan warna tertentu |
Resolution independent | Resolution dependent |
Memerlukan ruang penyimpangan yang relatif kecil | Memelukan ruang penyimpanan yang relatif lebih besar |
Cocok untuk gambar dengan warna sederhana | Cocok untuk gambar yang detail dengan gradasi warna yang rumit |
Kesimpulan
Jadi grafik komputer merupakan hal yang sudah dibutuhkan dalam bidang mana pun dikarenakan kemajuan teknologi yang pesat saat ini. Di samping dapat membantu pekerjaan manusia juga dapat mempermudah pelaksanaan. Grafik komputer itu sendri adalah suatu cara untuk mempermudah komunikasi antara manusia dengan mesin komputer dengan membangkitkan, menyimpan dan memanipulasi gambar model suatu objek menggunakan komputer. Komunikasi tersebut dapat berupa gambar-gambar, bagan-bagan, dan diagram-diagram.
Dalam perkembangan grafik komputer terjadi 4 fase yang sangat signifikan pesat perkembangannya.
Kebutuhan yang sangat tidak bisa di pungkiri menjadi bagian hidup yang sangat di butuhkan oleh manusia.
0 komentar:
Posting Komentar