Kamis, 13 Oktober 2011

E-COMMERCE

Pengertian E-Commerce
E-Commerce / Electronic Commerce (e-business) merupakan kegiatan bisnis yang dijalankan (misalnya transaksi bisnis) secara elektronik melalui suatu jaringan (biasanya internet) dan komputer atau kegiatan jual – beli barang atau jasa (atau mentransfer uang) melalui jalur komunikasi digital.
E-Commerce atau yang biasa disebut juga dengan istilah Ecom atau Emmerce atau EC merupakan pertukaran bisnis yang rutin dengan menggunakan transmisi Electronic Data Interchange (EDI), email, electronic bulletin boards, mesin faksimili, dan Electronic Funds Transfer yang berkenaan dengan transaksi-transaksi belanja di Internet shopping, Stock online dan surat obligasi, download dan penjualan software, dokumen, grafik, musik, dan lain-lainnya, serta transaksi Business to Business (B2B).

Jenis-jenis E-Commerce
Kegiatan E-Commerce mencakup banyak hal, untuk membedakannya E-Commerce dibedakan menjadi 2 berdasarkan karakteristiknya:
1.   Business to Business, karakteristiknya:
• Trading partners yang sudah saling mengetahui dan antara mereka sudah terjalin hubungan yang berlangsung cukup lama.
• Pertukaran data dilakukan secara berulang-ulang dan berkala dengan format data yang telah disepakati bersama.
• Salah satu pelaku tidak harus menunggu rekan mereka lainnya untuk mengirimkan data.
• Model yang umum digunakan adalah peer to peer, di mana processing intelligence dapat didistribusikan di kedua pelaku bisnis.
2.   Business to Consumer, karakteristiknya:
• Terbuka untuk umum, di mana informasi disebarkan secra umum pula.
• Servis yang digunakan juga bersifat umum, sehingga dapat digunakan oleh orang banyak.
• Servis yang digunakan berdasarkan permintaan.
• Sering dilakukan sistim pendekatan client-server.


Tujuan Kenapa Menggunakan E-Commerce



1.    Orang yang ingin membeli barang atau transaksi lewat internet hanya membutuhkan akses internet dan interface-nya menggunakan web browser
2.    Menjadikan portal e-commerce / e-shop tidak sekedar portal belanja, tapi menjadi tempat berkumpulnya komunitas dengan membangun basis komunitas, membangun konsep pasar bukan sekedar tempat jual beli dan sebagai pusat informasi (release, product review, konsultasi, etc)
3.    Pengelolaan yang berorientasi pada pelayanan, kombinasi konsepsi pelayanan konvensional dan virtual Responsif (respon yang cepat dan ramah), Dinamis, Informatif dan komunikatif
4.    Informasi yang up to date, komunikasi multi-arah yang dinamis.





Manfaat Yang di dapatkan Ketika Menggunakan E-Commerce
Manfaat menurut Onno W. Purbo dalam menggunakan E-Commerce dalam suatu perusahaan sebagai sistem transaksi adalah:
a.       Dapat meningkatkan market exposure (pangsa pasar).
Transaksi on-line yang membuat semua orang di seluruh dunia dapat memesan dan membeli produk yang dijual hanya dengan melalui media computer dan tidak terbatas jarak dan waktu.
b.      Menurunkan biaya operasional (operating cost).
Transaksi E-Commerce adalah transaksi yang sebagian besar operasionalnya diprogram di dalam komputer sehingga biaya-biaya seperti showroom, beban gaji yang berlebihan, dan lain-lain tidak perlu terjadi
c.       Melebarkan jangkauan (global reach).
Transaksi on-line yang dapat diakses oleh semua orang di dunia tidak terbatas tempat dan waktu karena semua orang dapat mengaksesnya hanya dengan menggunakan media perantara komputer.
d.      Meningkatkan customer loyalty.
Ini disebabkan karena sistem transaksi E-Commerce menyediakan informasi secara lengkap dan informasi tersebut dapat diakses setiap waktu selain itu dalam hal pembelian juga dapat dilakukan setiap waktu bahkan konsumen dapat memilih sendiri produk yang dia inginkan.
e.       Meningkatkan supply management.
Transaksi E-Commerce menyebabkan pengefisienan biaya operasional pada perusahaan terutama pada jumlah karyawan dan jumlah stok barang yang tersedia sehingga untuk lebih menyempurnakan pengefisienan biaya tersebut maka sistem supply management yang baik harus ditingkatkan.
f.        Memperpendek waktu produksi.
Pada suatu perusahaan yang terdiri dari berbagai divisi atau sebuah distributor di mana dalam pemesanan bahan baku atau produk yang akan dijual apabila kehabisan barang dapat memesannya setiap waktu karena on-line serta akan lebih cepat dan teratur karena semuanya secara langsung terprogram dalam komputer. Di negara berpendapatan rendah dapat mengakses informasi dan membuat kontak bisnis tanpa harus mengeluarkan biaya tinggi.



Ancaman Menggunakan E-Commerce (Threats)
Threats merupakan kemungkinan-kemungkinan munculnya kejadian yang dapat membahayakan asset-aset yang berharga. Ada beberapa bentuk ancaman yang mungkin terjadi:
         System Penetration Orang-orang yang tidak berhak melakukan akses ke system computer dapat dan diperbolehkan melakukan segala sesuatu sesuai dengan keinginannya.
         Authorization Violation Pelanggaran atau penyalahgunaan wewenang legal yang dimiliki seseorang yang berhak mengakses sebuah sistim.
         Planting Memasukan sesuatu ke dalam sebuah system yang dianggap legal tetapi belum tentu legal di masa yang akan datang.
         Communications Monitoring Seseorang dapat mernantau semua infonnasi rahasia dengan melakukan monitoring komunikasi sederhana di sebuah tempat pada jaringan komunikasi.
         Communications Tampering Segala hal yang membahayakan kerahasiaan informasi seseorang tanpa melakukan penetrasi, seperti mengubah infonnasi transaksi di tengah jalan atau membuat sistim server palsu yang dapat menipu banyak orang untuk memberikan infonnasi rahasia mereka secara sukarela.
         Denial of service Menghalangi seseorang dalam mengakses informasi, sumber, dan fasilitas-fasilitas lainnya.
         Repudiation Penolakan terhadap sebuah aktivitas transaksi atau sebuah komunikasi baik secara sengaja maupun tidak disengaja.


Melakukan Transaksi Dengan E-Commerce
Model pembayaran : kartu kredit atau transfer. Untuk pengganti kartu kredit adalah E-cash sebenarnya merupakan suatu account khusus untuk pembayaran melalui internet. Account tersebut dibuka dengan menggunakan kartu kredit yang dipunyai sebelumnya. Customer hanya perlu mengisi pada account e-cashnya untuk digunakan. Alternatif lain dalam pembayaran di internet adalah dengan menggunakan smartcard. Di Singapura, smartcard dikenal dengan istilah cash card. Untuk pembayaran di internet, user harus memiliki ‘smart card reader’. Dalam pemakaiannya, alat khusus ini disambungkan ke port serial di komputer. Pada saat melakukan transaksi, kartu smart card harus digesekkan ke alat tersebut, sehingga chip yang terdapat di kartu dapat dibaca oleh komputer. Untuk softwarenya, digunakan software bernama ‘e-wallet’. Alternatif pembayaran yang relatif baru dan belum begitu popular adalah penggunaan iCheck, yaitu metode pembayaran dengan menggunakan cek. Pembayaran ini membutuhkan nomor cek milik customer.


Perusahaan Yang Sudah Menggunakan E-Commerce
Plasa.com, yang merupakan portal e-commerce milik PT Telekomunikasi Indonesia Tbk. (Telkom), memperkenalkan dua situs baru, guna melengkapi layanan kepada konsumen yang ingin berbelanja melalui internet. Dua situs baru yang dikenalkan Telkom hari ini, yaitu, pertama, Plasa.com sebagai situs yang menyediakan barang-barang yang berkualitas, high end, dan terkini. Kedua, situs Plasa Ticket (http://ticket.plasa.com/) yang melayani penjualan tiket konser dan pertunjukan. Kedua situs ini melengkapi Plasa Trade Center (http://trade.plasa.com) sebagai situs layanan khusus untuk usaha kecil dan menengah (UKM).
Plasa.com merupakan toko online di Indonesia yang didirikan pada tahun 1999 di bawah TELKOM yang diluncurkan melalui portal e-commerce pada 27 Mei 2010. Plasa.com memiliki sekitar 1.500 penjual dengan menampilkan lebih dari 20.000 produk dalam 16 kategori produk.
Plasa.com yang dikelola oleh anak perusahaan Telkom bernama PT. Metranet (yang juga dikenal dengan sebutan Mojopia) akan memfokuskan usahanya pada penyelenggaraan tiga layanan, yaitu e-Commerce, Content dan Communication.
Program Kemitraan untuk bergabung dalam portal Plasa.com. Saat ini menurutnya Telkom memiliki sekitar 30.000 mitra binaan aktif yang tersebar di seluruh Indonesia. ”Melalui Plasa.com para Mitra Binaan dapat mempromosikan produknya secara mudah dan murah,”


Categori yang di jual di Plasa.com
         Shop By Store
Ø  Telkom Store
Ø  Telkomsel Store
Ø  Aibi
Ø  Contempo
Ø  Disney Sport
Ø  Dll
         Fashion
Ø  Women
Ø  Men
Ø  Teenage Girls
Ø  Moslem Wear
         Kids & Babies
         Gadget
         Dll
Masih banyak kategori barang yang dijual secara online di plasa.com tentunya dengan kualitas barang dan harga yang murah serta mudah untuk dilihat oleh costumer. Setiap barang yang akan dibeli akan diberikan penjelasan mengenai barang tersebut. Misalkan saja memilih kategori gadget dan jenisnya tablet. Bila costumer sudah menetukan merk serta barang yang diinginkan nanti gadget yang dipilih tersebut akan diberikan penjelasan singkat mengenai barang yang dipilih dari spesifikasi serta daftar harganya.

Kenapa Menggunakan E-Commerce ?
Plasa.com merupakan bentuk strategi perluasan bisnis Telkom yang bertujuan memberikan dukungan bagi para pelaku bisnis Indonesia dalam mengembangkan usaha mereka. Melalui penyelenggaraan e-Commerce, Plasa.com diharapkan dapat mendorong pertumbuhan pasar, mengembangkan UKM (Usaha Kecil Menengah) dalam negeri serta meningkatkan enterpreneurship melalui penyediaan platform online shopping. Dalam menyediakan layanan Content, Plasa.com mengembangkan platform sebagai penghimpun konten (content agregator) serta memungkinkan pelanggan menikmati beragam konten, termasuk konten hiburan.


Tantangan Yang Dihadapi ?
Selama ini tantangan yang dihadapi dalam online shopping ada pada masalah pembayaran dan logistik atau produknya. Karena ulah para hacker di Indonesia, para pembeli seringkali takut melakukan transaksi secara on line. “Dan yang terjadi pada masalah logistik, mungkin terbawa dari kebiasaan transaksi kepada pembelinya, apalagi melalui kartu kredit. Masyarakat Indonesia lebih suka melihat-lihat dulu produknya sebelum membeli. Apa yang terjadi pada saat online shopping, bisa saja barang yang diperhatikan di web tidak persis benar dengan keinginan pembeli.


Cara Meyakinkan Pembeli Melakukan Transaksi OnLine
Plasa.com memberikan jaminan kepada customer bahwa hal-hal merugikan itu tidak akan terjadi karena ada reputasi Telkom di belakang Plasa.com yang dipertaruhkan. Ditambahkannya, pemain industri e-Commerce di Indonesia hanya 3% dengan pengguna internet sebanyak 31 juta serta 159 juta orang yang menggunakannya lewat mobile.


Patner Kerja
Telkom mengembangkan Plasa.com sekaligus keseriusan Telkom mengembangkan portal e-Commerce tersebut, telah dilakukan penandatangan ”Program Charter” antara Telkom dengan Telkomsel dan Bank Internasional Indonesia (BII) sebagai Payment Partner. Selain itu, Gramedia, Pasar Raya dan Group Ciputra turut pula membubuhkan tanda-tangan mewakili para merchant yang membuka toko di Plasa.com. Sedangkan itu Plasa.com juga mempunyai kemitraan dengan eBay. eBay didirikan pada tahun 1995 di San Jose oleh seorang programmer komputer yaitu Pierre Omidyar. Hingga saat ini eBay merupakan pasar online terbesar di dunia yang memiliki lebih dari 90 juta pembeli dan penjual aktif. Ebay hadir di 39 pasar global dengan memiliki pembeli di lebih dari 200 negara. Pendapat eBay pada tahun 2009 memperoleh laba bersih sebanyak $8,7 miliar. Dengan keseluruhan perjalanan bisnis Plasa.com dan eBay, menjadikan lahirnya kemitraan ini yang akan lebih memberdayakan usaha indonesia dalam menjual produk-produknya di pasar internasional.


Cara Pembayaran Di Plasa.com


Berikut adalah tampilan website plasa.com. Klik Lihat pada spoiler dibawah untuk melihat gambar tampilan web dan Tutup untuk menutup spoiler.


Spoiler Lihat Script:

Tampilan Awal Plasa.com
Tampilan Barang Yang Di Jual (Di Bawah Ini Yang Dipilih Kategori Gadget Lalu Tablet)
Tampilan Setelah Memilih Barang Yang Diinginkan Dan Telah Masuk Ke Cart (Keranjang Belanja)
Tampilan Proceed to Checkout Untuk Transaksi Selanjutnya



Sumber:

0 komentar:

Posting Komentar

Glitter Word GeneratorGlitter Word GeneratorGlitter Word GeneratorGlitter Word GeneratorGlitter Word GeneratorGlitter Word GeneratorGlitter Word GeneratorGlitter Word Generator