Kamis, 17 November 2011

USAHA ONLINE BLOOP ENDORSE

Bloop Endorse
Bloop Endorse…?? Siapa yang tidak tahu nama toko yang menyediakan barang-barang yang berkualitas tinggi dan banyak di pakai oleh anak-anak gaol Jakarta. Toko yang menjual barang-barang dalam negeri dan desainnya dibuat oleh rancangan sendiri ini, sangat banyak di gandrungi oleh anak-anak muda Jakarta dan di pakai oleh artis-artis ibu kota.
Sejak booming era tahun 2003-2005, Bloop dan Endorse ini dua dari distro yang paling banyak dikunjungi anak-anak muda Jakarta. Bahkan, artis dan selebriti pun ikut dalam antrian panjang saat peak season di toko ini.

Apa Anda Tidak Percaya…?? Anda kenal sosok widi (vierra)..iya widi?? nah itu adalah salah satu artis yang menjadi Celebrity Endorser. Ada 4 merchandise desain t-shirt yang diproduksi secara eksklusif, The Crown, The Mirror, The Fedora, dan The Tattoo. Menariknya, desain The Tatto ini gambar tatto mikrofon di tangan kiri Widi. Banyak artis lain juga yang berdatangan ke toko ini, seperti David “Naif”, seventeen dan artis-artis ibu kota lainnya.
Pemiliknya, Martin Sunu Susatyo, Berto Saksono Jati, dan Theresia Alit Widyasari. Dulu sebelum beralih bisnis distro mereka pernah jualan martabak, jualan daging sapi, sampe jadi distributor rokok. Bikin usaha ini terinspirasi dari perkembangan distro di Bandung (rajanya distro ada Invictus, ouval research dll).
Memilih lokasi Tebet sebagai tempat awal usahanya, Martin melihat lokasi ini strategis mudah dijangkau dari berbagai arah.
Buka pertama kali 1 Oktober 2003, omzet awal cuma Rp 5.000. Hari kedua omzetnya sudah ratusan ribu rupiah. Perkembangan dalam usaha ini sangat pesat sekali. Bila hari lebaran tiba toko ini sangat penuh sekali.

Latar Belakang Nama Bloop dan Endrorse
Nama “Bloop” diambil dari penanda adanya kehidupan di dalam air. Setelah nama Bloop kian berkembang, Martin bersama adik-adiknya membuat satu merek lagi untuk meramaikan pasar. Namanya “Endorse”, yang ternyata mendapat sambutan bagus dari pasar. Nama itu muncul karena dulu kita sering meng-endorse artis-artis dan pemain band. Endorse artinya men-support, mendukung.

Target Penjualan
Segmen yang dibidik adalah remaja hingga dewasa, mulai dari SMP, SMA, hingga yang kuliah. Namun demikian, sekarang mulai banyak pekerja kantor yang datang untuk mencari baju-baju kantor, atau kemeja, dan juga jaket.

Harga Murah, Kualitas Memukau
Dalam hal harga, nilai yang ditawarkan pun cukup terjangkau. Untuk aksesori, dijual mulai Rp 5.000-an, sementara untuk t-shirt, harganya dipatok mulai Rp 80 ribuan, dan jaket Rp 200 ribuan. Harga termahal adalah Rp 300 ribuan, di antaranya jenis sepatu dan jaket. Ada juga program diskon, biasanya diadakan setahun dua kali, yaitu menjelang Lebaran dan liburan sekolah.
Bloop Endorse menyediakan semua jenis barang fasion, mulai dari topi, kemeja, jaket, kaus, celana, dompet, ikat pinggang, tas, jeans, sepatu, sampai beragam aksesori, mulai dari kalung sampai gelang. Sekitar 300 item dalam sehari laku terjual dengan nilai barang rata-rata Rp 100 ribuan pada bulan biasa. Kalau untuk peak season, seperti hari Lebaran, bisa tiga kalinya.

Perbedaan Dengan Toko Distro Lain
Yang membedakan Bloop Endorse dengan distro lain adalah segi karakter desain dan kualitas.

Macam-macam yang ditawarkan
Bloop Endorse menjual berbagai macam produk seperti celana boxer, jaket, jeans, polo shirt, kaos, vest, cardigan, dan blazer. Selain pakaian mereka juga menjual topi, tas dan sepatu. Untuk wanita, Bloop Endorse  mempunyai lebih banyak variasi aksesoris seperti kalung, gelang, scarf, dan legging. Selain produk fashion seperti pakaian dan aksesoris, Bloop Endorse juga menyediakan beberapa barang khusus seperti merchandise band.

Penghargaan
Bloop Endorse Raih penghargaan melalui ajang Ernst & Young Entrepreneurial Winning Women 2010 Award (EWW ).

Alamat Toko
Jalan Tebet Utara Dalam no. 5/22, Jakarta Selatan 12820, 021-8312095 (office).

Tips Sukses Dalam Usaha
Mengenai kunci sukses usahanya ini, Martin mengungkapkan bahwa kerja tim harus benar-benar solid. Selain itu, kerja keras, kepercayaan, dan rajin inovasi juga sangat penting. “Di sini kita selalu mendoktrin karyawan bahwa di bisnis ini kita sama-sama belajar, sehingga bisa menciptakan usahawan-usahawan baru,” tandas Martin. (Majalah MARKETING/Harry Tanoso)

Startegi Pemasaran
Dalam hal strategi pemasaran, Martin bersaudara melakukannya lewat berbagai media, seperti iklan di radio maupun di majalah, juga di media jejaring social, seperti Facebook dan Twitter yang sedang tren di kalangan anak-anak muda. Bahkan, diungkapkan Martin, pihaknya pernah membuat undian nonton konser penyanyi asal Inggris, Robbie Wiliams, di luar negeri (pada waktu itu di Bangkok). “Selain itu, kita juga mensponsori wardrobe artis-artis band ternama di Indonesia,” jelasnya. Untuk online Bloop Endorse menggunakan mendia jejaring social dan website bloop endorse.
1. Facebook
BLOOP ENDORSE kata kuncinya bila ingin bergabung. Dalam account ini tersedia fot-foto barang serta akan di beritahukan berita-berita update mengenai Bloop Endorse.
2.      2. Twitter
@bloopendorse kata kunci untuk pengguna twitter. Bila ada barang baru maka akan di tweet lewat update status account Bloop Endorse.
3.      3. Website
http://www.bloopendorse.com
Berikut adalah tampilan dari website bloopendorse.com
Spoiler Lihat Script:
Tampilan Home

Just Arrived

Tag Men

Barang yang Ingin di beli

Add to cart

Sign In

Create Account
Untuk pembayaran, Bloop Endorse hanya menyediakan jalur melalui transfer ke bank BCA. Bloop Endorse Jakarta juga menawarkan layanan loyalty card yang mana berfungsi sama dengan layanan premium card. Untuk mendaftar loyalty card secara gratis Anda harus berbelanja minimal 500 ribu rupiah. Bila mendaftar langsung dengan membayar biaya pendaftaran sebesar 50 ribu rupiah yang berlaku satu tahun sejak Anda mendaftar. Beberapa keuntungan yang bisa didapatkan dari loyalty card bloop endorse ini antara lain mendapatkan diskon 20% sepanjang tahun untuk pembelian di toko online, diskon 20% di hari ulang tahun kamu, mendapatkan undangan pada event yang Bloop Endorse adakan, mendapatkan souvenir khusus setiap berbelanja di Bloop Endorse dan masih banyak keuntungan lainya.

Langkah-langkah Pemesanan di Bloop Endorse
            1. PROSES PEMESANAN
            Customer dapat melakukan pemesanan melalui ;
A. Website
Pilih produk yang kamu inginkan, klik “add to cart”
Lalu ikuti petunjuk pada layar komputer 

B. SMS (0813-17600-515)
Format SMS sebagai berikut : 
Nama Pemesan / Daerah tempat tinggal / Kode Pesanan atau nama produk (apabila pesanan dari majalah sertakan nama majalah dan sebutkan produknya) / Permintaan Ukuran / Jumlah
Contoh : 
Contoh 1 : Frissy Bella/Jakarta/B1047,sepatu candy red/38/1pcs
Contoh 2 : Frissy Bella/Jakarta/black dress, Gogirl hal. 37/uk. M/ 2pcs

C. TELPON CALL CENTRE (0813-17600-515)
Customer dapat berbicara langsung dengan staff kami pada hari Senin – Sabtu, pkl. 10.00 – 18.00 WIB

2. PROSES KONFIRMASI
Bloop Endorse akan segera memberi konfirmasi mengenai ketersediaan barang pesanan customer, selambat-lambatnya 24 jam setelah order diterima. Konfirmasi diberitahukan melalui E-mail, Telpon atau SMS. 

3. PROSES PEMBAYARAN
Setelah mendapatkan konfirmasi, customer melakukan pembayaran melalui : 
Bank BCA atas nama : THERESIA ALIT WIDYASARI dengan Nomor Rekening : 230.886.3030 
(MOHON UNTUK TIDAK MELAKUKAN PEMBAYARAN BILA CUSTOMER BELUM MENERIMA KONFIRMASI DARI BLOOP ENDORSE)

4. PROSES KONFIRMASI PEMBAYARAN
 
Bila customer telah melakukan pembayaran, mohon memberitahu Bloop Endorse melalui SMS dengan format :
Konfirmasi pembayaran : Nama Pemesan / Jumlah yang ditransfer / Nama rekening yang digunakan 
Contoh : 
Konfirmasi Pembayaran : Frissy Bella / Rp. 458.000 / Frissy Bella Aphridita

5. PROSES PENGIRIMAN
Bloop Endorse akan segera mengirimkan pesanan customer setelah pembayaran diterima. Untuk Pengiriman barang menggunakan TIKI atau JNE.

Sumber; 

0 komentar:

Posting Komentar

Glitter Word GeneratorGlitter Word GeneratorGlitter Word GeneratorGlitter Word GeneratorGlitter Word GeneratorGlitter Word GeneratorGlitter Word GeneratorGlitter Word Generator