Kamis, 06 Oktober 2011

TANGGUNG JAWAB SOSIAL PERUM PERURI

Salam Blogger dan para penjelajah dunia maya. Pada postingan ini adalah tugas kedua saya mengenai Tanggung Jawab Sosial yang kebetulan adalah mata kuliah softskill saya. Tak Perlu berlama-lama dan sesuai dengan judul postingan mengenai tanggung jawab sosial PERUM PERURI.

PERUM PERURI atau Perusahaan Umum Percetakan Uang Republik Indonesia adalah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang ditugasi untuk mencetak uang rupiah (baik uang kertas maupun uang logam) bagi Republik Indonesia, sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 32 tahun 2006. Selain mencetak uang rupiah Republik Indonesia, juga mencetak produk sekuriti lainnya, termasuk cetakan kertas berharga non uang dan logam non uang.
PERUM PERURI didirikan pada tanggal 15 September 1971, dan merupakan gabungan dari dua Perusahaan yaitu PN. Percetakan Kebajoran atau PN. PERKEBA, dan PN. Artha Yasa. Perum Percetakan Uang Republik Indonesia (PERUM PERURI) diberikan tugas dan wewenang untuk mencetak lima produk unggulan, yakni uang Republik Indonesia yang meliputi uang kertas dan uang logam, paspor RI, pita cukai, meterai dan sertifikat tanah. Setiap produk yang dicetak oleh Perum Peruri mempunyai ciri khusus yang mengutamakan segi-segi pengamanan, mengingat dokumen tersebut merupakan dokumen negara yang sangat vital. Oleh karena itu, Perum Peruri selalu memfokuskan unsur-unsur sekuriti atau security feature pada setiap produk cetakannya.
Perum Peruri juga pernah mendapat kepercayaan untuk mencetak dokumen-dokumen sekuriti negara lain atau luar negeri, diantaranya negara Malaysia, Sri Lanka dan Nepal.


PERUM PERURI mempunyai 3 lokasi gedung, yaitu di Jakarta, Karawang, dan Surabaya. Peruri Jakarta berfungsi sebagai kantor administrasi, pemasaran, dll. Peruri Karawang berfungsi sebagai pabrik percetakan uang dan dokumen sekuriti lainnya. Sedangkan Peruri Surabaya berfungsi sebagai percetakan dokumen sekuriti untuk Indonesia wilayah timur.
PERUM PERURI sudah berdiri 40 tahun lamanya. Tak hanya menjadi perusahan yang menghasilkan karya anak bangsa dan security desain dalam percetakan keuangan yang telah di akui oleh banyak Negara. Baik uang logan dan non logam. Sebelumnya telah di jelaskan sejarah dan profile singkat mengenai PERUM PERURI. Perusahaan BUMN yang semakin hari semakin menjadi perusahaan besar dan bersaing dengan competitor di seluruh dunia. PERUM PERURI adalah perusahaan anak bangsa, yang mempunyai kualitas dan daya saing yang tinggi, emmpunyai karyawan yang royalitas tinggi terhadap perusahaan, serta SDM yang terbaik yang dimiliki perusahan ini. Dengan begitu PERUM PERURI mempunyai dan berinisiatif untuk melakukan Tanggung Jawab Sosial. Berikut ini adalah penjelasan mengenai program Tanggung Jawab Sosial PERUM PERURI;

Program CSR PERUM PERURI
Dengan itu Perum Percetakan Uang RI (Peruri) meluncurkan program tanggung jawab sosial perusahaan (corporate social responsibility/CSR) di Peruri, Karawang, Jawa Barat. Untuk program CSR ini pun Peruri menganggarkan dana sekira Rp10 miliar. Program ini sebagai tanggung jawab social dan menyetakan bahwa PERUM PERURI peduli sangat dengan lingkungan sekitar kantor. PERUM PERURI adalah perusahaan yang aktif dalam melakukan bantuan kepada lingkungan sekitar dan mendekatkan diri terhadapat masyarakat sekitar kantor.
Menurut Direktur Niaga Peruri Gardjito Heru usai penyerahan bantuan di Peruri, Karawang, Jawa Barat, Kamis (11/3/2010). “Kami berharap sedikit banyak dapat membantu tugas-tugas mitra kami di sekililing pabrik Peruri. Setiap tahun anggaran yang dikeluarkan untuk CSR kurang lebih Rp10 miliar,”

Angka yang fantastis dengan yang di keluarkan oleh PERUM PERURI untuk memperlancar program CSR ini.

Dari mana anggaran CSR ini??
Anggaran ini diambil dari 2,5% keuntungan perusahaan.

Jenis Bantuan yang di berikan CSR??
Bantuan CSR yang akan diberikan berupa mobil klinik sehat keliling dan layanan siaga sehat, air bersih (water well) dan mandi cuci kakus (MCK), bedah rumah pensiunan Peruri, sepeda motor, bus dan truk untuk patroli keliling, serta mesin cuci darah untuk ditempatkan di RSUD Karawang. (Kutipan berita wawancara Gardjito Heru di portal okezone.com)
Kerja Sama dengan mitra terdekat CSR dengan Rumah Zakat.
Namun untuk mobil klinik sehat keliling, air bersih dan MCK, CSR bekerja sama dengan Rumah Zakat. Kerena kami percaya Rumah Zakat merupakan institusi professional. “Lanjut Gardjito”.

Latar Belakang terjadinya kerja sama ini??
Kerja sama antara Rumah Zakat dengan CSR merupakan inisiatif bersama. Karena masih banyak orang yang mandi di sepanjang kali di sekitar kantor Karawang, sehingga PERUM PERURI punya inisiatif untuk membuatkan MCK, sehingga oleh kami (CEO Rumah Zakat Rachmat Ari Kusumanto) siap untuk membuatkan MCK.

Dana yang dikeluarkan??
Dana yang di keluarkan oleh PERURI untuk menyediakan mobil klinik sehat keliling dan biaya operasional selama satu tahun adalah Rp. 1,2 miliar dan 15 unit MCK senilai Rp. 778 juta. Pada saat ini masih berupa sarana kesehatan namun tidak menutup kemungkinan akan memfasilitasi bidang pendidikan dan sebagainya. “Sambung CEO Rumah Zakat”.

Kontibusi Terhadap Bantuan Bencana Alam??
Tak hanya memberikan kontribusi untuk membarikan bantuan di sekitar kantor PERUM PERURI saja namun pada saat bencana alam, seperti gempa di Yogyakarta dan Padang, Sumatera Barat tahun lalu, Gardjito mengatakan Rp300 juta untuk tiap bencana tersebut.

Sumber:
Link ---->> http://id.wikipedia.org/wiki/Percetakan_Uang_Republik_Indonesia
Link ---->> http://economy.okezone.com/read/2010/03/11/320/311627/csr-peruri-rumah-zakat-anggarkan-dana-rp10-m

0 komentar:

Posting Komentar

Glitter Word GeneratorGlitter Word GeneratorGlitter Word GeneratorGlitter Word GeneratorGlitter Word GeneratorGlitter Word GeneratorGlitter Word GeneratorGlitter Word Generator