Minggu, 10 Juli 2011

Catatan Penulisan dan Sidang PI Part 1

Semester 6..hmm yah semester 6 saat ini gue sedang mengalami semester terberat pada perkuliahan saat ini.. Jurusan Teknik Informatika di Universitas Gunadarma.. Kenapa terberat?? Semester ini ada Penulisan Ilmiah.. yah Penulisan Ilmiah.. Penulisan Ilmiah adalah syarat untuk mendapatkan sertifikat D3 gue karena tidak ada praktek kerja maka gue mengajukan sebuah judul untuk menyusun penulisan tersebut..
Pertama mendengar mata kuliah ini berada di KRS semester 6, sangat-sangat tertekan..mungkin serasa nyesek dan pesimis apa judul yang harus di ajukan.. *ups lebay..
Tapi dengan adanya mata kuliah ini gue jadi rajin salat dan rajin puasa sunah.. <<---wooww ga patut di tiruh yah.. hehehe :D
Doa siang malam agar mendapatkan dosen pembimbing yang baik dan mau menerima judul penulisan gue.. dan benar saja judul gue di terima dan dosen pembimbing gue baik sekali.. merasa bersyukur dan terus memupuk kepercayaan diri untuk sesegera menyelesaikan penulisan ini.. *it’s luck for me..
Penulisan pun di mulai..dengan mencoba menulis bab 1 dan yaahhh kali ini Dosen Pembimbing gue sedang hamil besar jadi cuti 2 minggu.. *antara beruntung atau tidak yah
Karena dosen pembimbing gue cuti hamil..baiklah tetap optimis bisa membuat penulisan ini dan benar saja bab 1 selesai dalam 2hari.. *it’s amazing.. :p
Langsung buka email pribadi dan yah upload bab1 dan langsung kirim ke email DP..lalu ambil hp dan sms sang dosen pembimbing dengan Pedenya.. “assalammualaikum..bu, saya rivan, kelas 3ia11. saya coba menulis bab1 dan saya sudah kirim ke email ibu”.. hmmm bener aja sms balesan tak kunjung tiba..* huuaaaseeemm bener..
Email tiap buka laptop selalu di cek..tetep aja tidak ada balasan dari dosen..dan ternyata kebesokan malam baru ada balasan dari dosen pembimbing di email pribadi saya.. pesan tersebut “ Refisi bab 1”*huuaaaaaaa gubbbraaakk bab 1 aja masih refisi -_-“
Baiklah mulai mendownload bab 1 yang telah di suruh refisi pada bagian yang diinginkan oleh dosen..set jam cukup menyelesaikan penulisan ini.. yuppss langsung saya kirim lagi lewat email..dan hmm ambil hp sms ke dosennya kembali “Assalammualaikum..bu, saya sudah refisi dan sudah kirim email lagi ke ibu”.. tanpa mengharapkan balasan smsnya, tiba hp bunyi dan…. “Terima Kasih yh”  <<--- sms dari DPnya.. lega dan yuppss nunggu lagi..
2hari lewat..cek email belum juga di bales.. kalalu gini bisa tidak selesai tepat waktu..kalau sampai ngulang.. wow 2SKS..beehh 200 rb sudah bayar ini mata kuliah.. mulai gelisah dan cek email untuk yang ketiga kalinya.. hahahaha email dari Dosennya “Tolong yah kamu hapus kata yang ada kata-kata saya, kami, mereka, anda dengan kata pasif" *iihhh refisi lagi..hahaha parah bener ini apa gue emang ga bisa nulis yah..
Tapi ada note yang dia kasih..”setelah kamu ganti lanjut ke bab3, bab2 kamu lewat saja.. dengan senyum lebar dan merasa termotivasi mulai untuk menyusun penulisan bab 3.. setelah membenarkan penulisan Bab1 mulai memilih tampilan new pada word.. dan menulis 3. PEMBAHASAN.
………..
Setelah 15 menit mencari ide..apa yang mau gue tulis.. *uppsss buntu..
………..
Pada bab ini saya akan menyelaskan mengenai pembuatan program game yang penulis buat..
………..
Set jam kemudian.. hanya kata-kata itu yang di tulis.. *wuakakakaka rivan lu bukan pengarang yg baik T_T
………………………………………………………………….
Setelah stuck pada penulisan bab3, gue pun memutuskan untuk berhenti dan mencari referensi di sekitar temen kosn..hahaha yg bener aja..banyak banget yang ngasih referensi..dan wooowww encer sekali ini otak untuk melanjutkan penulisan ini.. *again and again I’m lucky
Dan pada halaman ke 5..hahaha gue stuck lagi.. program yang gue buat ternyata belum selesai..jadi apa yang mau gue tulis di bab3 kalau programnya aja belum selesai.. *hahaha :hammer:
……………………………………………………………………
Memutuskan untuk menyelesaikan program terlebih dahulu..
Sehari..
Dua hari..
6 hari..
Program di coba di complied dan hmm error di laporan informasi run.. *lucky gue sampai sini sepertinya..
7 hari..
Masih error dan mulai mencari permasalahannya.. dan benar saja..kenapa error karena gue belum menginstall emulator di netbeans saya.. *I’m stupied boy
Langsung saja membuka browser dan mencari di mbah segalanya tau (google) dengan keyword “cara menginstall emulator di netbeans”.. 5 jam di depan laptop dan yang di cari nihil untuk penjelasan yang sesuai dengan keinginan.. mulai mencari link download emulator..ternyata besar-besar ukuran filenya..*nasib bener ini hidup gw.. dan ok lah gue batalkan saja download ini emulator.. mulai mencari forum dan bertanya..tetep saja nihil.. *I’m again stuck in my program..
8hari..
Mulai mendownload emulator dari forum..dengan hati yang terpaksa..setelah di download.. *upsss gimana caranya buat di install gue mulai mikir..
Hahaha dan bener saja downloadan yang besarnya 117mb sia-sia.. *again I’m stupied boy
Mulai menulis keyword “tutorial cara menginstall emulator di netbeans”..dan ada satu link yang memberikan penjelasan bahwa sebenarnya di netbeans sudah di berikan bila belum ada hanya belum terinstall saja pluginnya..wooww dari 2hari muter-muter menjadi orang yang paling bodoh.. setelah install mobility pack di dalam netbeansnya..dengan senang hati dan sisa-sisa semangat mengklik run.. dan oooooooo error again..wuakaka :hammer:
Dan ternyata eehh ternyata.. saya belum memilih emulator yang ingin di gunakan.. *and now I have a clue..
Benar saja..klik run..hahahahaha program gue jalan.. yeee..yeee..yeee..
Dan teringat bahwa program itu belum sempurna..langsung sudahi saja, matiin laptop dan puas namun program belum selesai karena belum ada level dan waktu yang tidak sempurna ke reset kembali..
13 hari..
15 hari...
Masih saja ini program belum kelar..
16 hari..
Berkutik dengan codding, dimana pun..di mobil sambil membaca codding bagaimana membuat sebuah tampilan menu level dan permainan tersebut menjadi ada levelnya..hmm mikir-mikir..
17 hari..
Masih mencari source code sumber..
18 hari..
Yupss I can got it.. tampilan menu level selesai.. sekarang mencoba membuat gamenya dengan kesulitan yang berbeda..
20 hari..
Dengan cerdasnya..jumlahnya yang diganti dan menggunakan AI yang sama dan itu berhasil..hahahaha
*I’m jenius..haha
Lanjutkan saja penulisan bab 3 ini..dengan semangatnya
24 hari..
Bab 3 telah rampung.. dan dengan Pedenya mengambil hp lalu sms “ibu, saya mau ketemu ingin kasih bab 3..bisa kapan yah??” <<--- sms di kirim..
3jam kemudian
Sms dari dosennya “saya ada di kampus E.. di sekdos ketemu hari jumat..yg cewe sebelum salat jum’at dan yang cowo setelah salat jumat..tapi saya hanya bisa kasih bimbingan sampai jam2”
………………………………………………………………..
Hari ketemu DP dengan menyerahkan bab 3 yang tebelnya 78 halaman.. *serasa pinter ngarang nih gue..
Ternyata banyak temen-temen gue yang lain sudah menunggu giliran.. yupsss giliran gue dan hmm jam pukul 2..hahaha tentu saja dosen pembimbing gue menolak gue karena sudah jam 2 dan dia mau ngajar kelas..hahha *I’m not lucky today..
Entah apa yang gue pikirin..hmm langsung keluar kata-kata..terus saya bagaimana bu..saya sudah ngeprint.. dan ibunya “ok, saya bawa saja penulisan kamu dan saya akan periksa di rumah”.. *oohhh ternyata keberuntungan itu datang.. :D
…………………………………………………………………
Minggu depannya di hari jumat..ketemu dengan sang DP..haha again and again masih refisi..
………………………………………………………………..
Minggu depannya di hari jumat… sudah benar tapi flowchartnya susah di baca dan membingungkan dan salah…refisi lagi
………………………………………………………………….
Minggu depan di hari jumat.. merasa sudah benar flowchartnya ternyata kurang tanda panah pada bagian tampilan.. refisi lagi..
………………………………………………………………….
Hari jumat di minggu yang ke-10..hahaha flowchart saya benar dan..hmm tentu saja permintaan sang DP..tolong uji coba program kamu jangan di satu HP saja..minimal 5 HP*mau nolak tak berani..dan terpaksa mengiyakan.. T_T
…………………………………………………………………
Minggu ke-11 di hari jumat..berharap, percaya diri yang pede dan membawa laptop karena mempunyai filling kalau DP ingin melihat program yang gue buat..hahaha benar saja..berhasil saya kumpulkan hasil uji coba di 7HP yang berbeda.. lalu sang DP berkata “boleh saya lihat program anda di HP”.. hmm god benerkan.. “yah bu, HP saya yang buat riset ada di rumah, saya tidak bawa..” muncul ide dari gue..”kalau lewat emulator bagimana bu, saya bawa laptop”..sang DP “boleh saya liat”..hahaha akhirnya dy melihat dan terkesan..hmm dia berkata “minggu besok ujian, nah ketemu saya setelah ujian bawa semuanya bab1,2,3 dan bab4 dan bawa program yang sudah di install di HP”..dengan senyum manis gue.. “baik bu”..bangga dan dalam hati..akhirnya hampir selesai.. :D
………………………………………………………………………….
Setelah ujian UTS dan di hari jumat..ketemu sang DP membawa semuanya lalu membawa HP yang telah di install.. sang DP berkata “saya tidak bisa memberikan surat ACC sekarang, soalnya dari kampus belum turun print nama kamu..nanti saya yang sms kamu..di bab2 kamu tambahin materi tentang flowchart”.. *oohhh god.. selesai penulisan gue
………………………………………………………………………..
Dua minggu berlalu dari itu..dan sms yang di harapkan tak kunjung dating..gue beranikan diri untuk menghubungi duluan dan smsnya “ibu bagaimana surat ACC saya??sudah bisa??”..sms yang di balas “hari kamis yah jam 11an”.. seneng bener gue dan menjadi orang yang paling beruntung.. :D

*******lalalalalallalalalalalalalala*******

Di hari kamis…hahahahaha  jam 11an yang telah di janjikan..ternyata gue telat set jam.. :hammer:
Dan betul saja..sang DP tidak bisa di temui karena gue telat..dan gue merasa  orang yang stupied.. hmm bujuk sang DP dan buat janji hari itu juga..untuk DP bisa ketemu di kampus G jam 2..kali ini tidak akan telat…dan yuppss sampai jam 1 lewat 45 menit di kampus G.. *good job
Akhirnya ketemu dan ibunya memberikan surat ACC..huuuaaaa god akhirnya surat ini yang membuat gue selesai penulisan dan bisa daftar sidang PI..

Leganya sekarang penulisan ilmiah yang gue anggap mengerikan kelar juga.. berkat siapa dulu dong yang udah bantu nyemangatin ahaaa…. Sip lah.. cap cus cinn cusss…. <<----- uppssss kebawa anak kosn.. #looh :hammer:
Foto surat ACC

To Be Continue Catatan Penulisan dan Sidang PI part 2..

0 komentar:

Posting Komentar

Glitter Word GeneratorGlitter Word GeneratorGlitter Word GeneratorGlitter Word GeneratorGlitter Word GeneratorGlitter Word GeneratorGlitter Word GeneratorGlitter Word Generator